Proyek Kabel FO Bawah Laut Indonesia Rampung 2012

Posted on Updated on


Jakarta – Pemerintah menargetkan proyek penyambungan fiber optik bawah laut akan rampung pada tahun 2012. Saat ini proyek penyambungan tersebut telah selesai 80% dari target sepanjang 50.000 Km.

“Saya optimis selesai tahun 2012,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring saat di temui di sela-sela acara Infrastructure Asia 2010, di JExpo Kemayoran, Rabu (14/4/2010).

Ia menjelaskan, saat ini tahap penyambungan fiber optik sudah masuk pengerjaan dari Mataram-Kupang sepanjang 1.500 Km dengan perkiraan dana hingga Rp 800 miliar yang merupakan pengerjaan Indonesia bagian Timur.

Jika seluruh proses penyambungan kabel optik didalam negeri rampung, pemerintah akan meneruskan koneksi ke Dili Timor Leste dan Darwin Australia melalui bawah laut.

Tifatul menjelaskan, dengan tersambungnya kabel fiber optik diseluruh Indonesia maka akses informasi maupun data yang terhubung dalam jaringan internet akan lebih cepat, terutama bagi wilayah Indonesia Timur yang saat ini belum terkoneksi fiber optik.

“Kita sedang mengejar Mataram-Kupang, proyek yang mengerjakannya Telkom, akan disambungkan ke Ambon dan Papua,” katanya.

Dikatakan Tifatul, penyambungan kabel optik ke Darwin Australia akan menjadi altenatif kedua penyambungan kabel optik bawah laut, yang saat ini yang terhubung dari Jakarta-Singapura-Taiwan-AS. Selanjunya koneksi ini akan dikembangkan dari Jakarta-Kupang-Darwin-Sydney-AS.

“Jadi kita akan punya dua rute ini penting agar ada altenatif rute,” jelasnya.

Dalam jangka selanjutnya, koneksi kabel optik bawah laut dari Indonesia ke Darwin diperkirakan akan menelan dana hingga Rp 1 triliun lebih.

Mantaap… pak menteri, lanjutkan…

Sumber: detikinet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s