Siswa Afrika Ubah Rongsokan TV Menjadi Robot

Posted on Updated on


Sam10 (Detikinet)
Sam10 (Detikinet)

Seorang siswa asal Togo, Afrika, mampu membuktikan bahwa untuk membuat sebuah robot tidak harus selalu menggunakan material dan alat-alat canggih. Dari rongsokan elektronik pun bisa. Tak percaya?

Sam Todo, nama remaja jenius tersebut, telah membuktikan pernyataan di atas. Dengan berbekal peralatan dan bahan-bahan seadanya, ia mampu menciptakan robot humanoid yang bisa berjalan. Tak kalah dengan Asimo, robot buatan raksasa otomotif asal Jepang, Honda.

Bahkan Sam, bisa dibilang ‘lebih hebat’. Sebab, mampu mendesain dan membuat robot tersebut yang sebagian besar bahannya berasal dari tumpukan sampah elektronik, mulai dari TV CRT yang sudah rusak, dan material elektronik lainnya.

SAM10, demikian nama robot buatan remaja Afrika tersebut. Memang jika dilihat dari penampilan, SAM10 masih kalah keren dari Asimo. Tapi dalam hal kemampuan, terobosan, dan kegigihan, Sam boleh berbangga diri.

Dikutip detiKINET dari Gizmo Watch, Jumat (16/4/2010), Sam berharap robot ciptaannya tersebut nantinya tak hanya mampu sekadar berjalan. Namun juga bisa dikembangkan menjadi lebih pintar, seperti dapat mengukur jarak dan melalui rintangan suatu objek.

“Di Afrika memang banyak anak muda yang tidak begitu tertarik dengan ilmu sains. Tapi ambisi saya adalah untuk mengajak anak muda Afrika untuk tertarik dengan sains sehingga dapat menciptakan apa yang mereka inginkan,” ujar Sam. (detikinet)

One thought on “Siswa Afrika Ubah Rongsokan TV Menjadi Robot

    zaid said:
    14 Mei 2010 pukul 11:19 am

    tukar link saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s